Hikmah dari aqiqah antara lain:

1. Menjalankan tuntunan sunnah Nabi Muhammad SAW yang mendapat perintah dari Allah SWT.
2. Sebagai ihtiar untuk menjaga dan melindungi bayi yang terlahir dari gangguan syaitan yang mengikuti sang bayi ketika baru lahir.
3. Menebus hutang sang anak agar memberikan syafaat kepada kedua orang tuanya kelak pada saat hari perhitungan. Sehingga putra-putri diharapkan kedua orangtuanya menjadi putra-putri yang sholeh sholehah. Serta kelak akan menjadi kebanggan kedua orangtuanya baik didunia maupun diakhirat kelak.
4. Bentuk rasa syukur umatnya dalam pendekatan diri kepada Allah SWT terhadap karunia yang telah diberikan yaitu lahirnya sang anak.
5. Sebagai wujud rasa syukur da bahagia serta kegembiraan dalam menjalankan syariat islam karena bertambahnya keturunan mukmin.
6. Dapat memperkuat persaudaraan dan silaturahmi antar masyarakat. Dengan sama-sama saling mendoakan dan memberi sesuai kemampuan.

Demikianlah gambaran secara global yang perlu diketahui dalam sebuah ibadah aqiqah, dan semua kembali pada niat yang paling mendalam dalam menjalankan ibadah sunah aqiqah tersebut. Yang pasti kita semua berharap dalam sebuah ibadah aqiqah senantiasa berharap mendapat ridhonya Allah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *