Sebagai makhluk ciptaan Allah yang sangat mulia yang kelak akan memiliki sebuah keluarga kecil atau menjadi orang tua bagi putra-putrinya. Maka perlu ada pendidikan ahlak yang mengarah pada pendidikan yang bisa memahami dasar-dasar berumahtangga yang sesuai arahan atau syariat agama islam. Sebagai kodrat manusia yang kelak akan menjadi orangtua. Sebagai orangtua muslim atau pasangan muda yang menikah. Karena itu ada baiknya saat mempersiapkan sejak dini berumah tangga ada baiknya juga mempersiapkan diri belajar bagaimana cara menyambut moment kelahiran sang buah hati secara islami. Diantara sekian banyak meoment itu atau rukun itu diantaranya perlu mempelajari rukun dalam melaksanakan aqiqah.
Sebagai orangtua kelak dikemudian hari perlu mengetahui bila saat nanti dikaruniai seorang bayi atau anak, baik laki-laki atau perempuan disunahkan untuk melaksanakan aqiqah pada hari ke-7 sejak dilahirkan. Akikah adalah sebagai bentuk rasa syukur umat Islam terhadap Allah SWT. mengenai bayi yang dilahirkan. Hukum akikah menurut pendapat yang paling kuat adalah sunah muakkadah, dan ini adalah pendapat jumhur ulama menurut hadits. Karena itulah sebagai umat muslim perlu belajar mengetahui rukun dari aqiqah itu sendiri. rukun adalah suatu hal yang harus dipenuhi sebagai syarat sahnya suatu pekerjaan atau amalan.

Saat terlahir seorang anak, maka anak merupakan sebuah karunia yang tak bisa dinilai dengan harta atau materi, sebagai rizki juga amanah dari Allah, maka bayi atau anak perlu mendapat perhatian dalam setiap waktunya. Karena perhatian yang positif sesuai tuntunan dan syariah islam. Sehingga diharapkan masa perkembangan bayi atau anak itu sembelihan binatang an’am sebagai wujud dari penyambutan hadirnya buah hati yang baru lahir dan juga ungkapan syukur kepada Allah atas nikmat dan karunia yang telah diberikan.
Adapun adab dalam menyambut kelahiran sang buah hati secara Islami diantaranya :
1. Memperdengarkan suara adzan di telinga kanan bayi yang baru lahir
2. Memperdengarkan suara iqamah di telinga kirinya
3. Membacakan doa di kedua belah telinganya, misalnya membaca surah Al-Ikhlas
4. Mengoleskan langit-langit mulut sang bayi dengan kunyahan benda yang manis seperti kurma, buah tamar atau
5. Memberi nama anak dengan nama-nama yang baik pada hari ketujuh kelahirannya.
6. Mengadakan walimatul aqiqah
7. Mencukur rambut sang anak tersebut selepas menyembelih hewan ‘aqiqah (kambing atau domba) untuknya. Untuk anak laki-laki 2 ekor kambing dan untuk anak perempuan 1 ekor kambing
8. Memberi sedekah seberat rambut sang anak yang
9. Menyedekahkan daging aqiqah kepada fakir miskin.

Sebagai rekomendasi penting dalam mempersiapkan diri dalam melaksanakan ibadah aqiqah enak, murah dan hiegenes, kami menawarkan layanan jasa aqiqah dan catering aqiqah. Ridho Aqiqah yang berlokasi dijogja tepatnya di Jl. Masjid Besar Mataram, Ledok KG. III/845 Kotagede Yogyakarta 55172. Untuk mendapat informasi layanan jasa aqiqah atau aqiqah cateringbisa Telp / Whatsapp atau SMS dari smartphone Anda ke: 0816 335-351 ( Whatsapp ) – 0274 384 096 ( Telpon Kantor ).

Itulah uraian beberapa hal yang perlu diperhatikan kelak saat memiliki bayi atau anak yang perlu diperhatikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *