Membentuk Akhlak  Terpuji Putra-Putri Tercinta serta mendidiknya sehingga kelak akan menjadi pribadi yang terpuji, santun dan bertabiat baik yang berakhlakul karimah.

Merupakan hal yang sangat didambakan kedua orangtuanya ( Ibu dan Bapaknya ).  Pendidikan anak yang terbaik adalah disaat dimasa kandungan, bagi orang muslim saat bayi di masa kandungan banyak sentuhan ibunya yang bisa mendukung membentuk kepribadian sang bayi kelak. Alunan suara ayat-ayat al qur’an  yang dibacakan sang ibu  sangat besar pengaruhnya terutama pada perkembangan jiwa sang anak ( bayi ). Sebagai orang tua kehadiran sang bayi kelak merupakan sebuah amanah. Karena anak yang terlahir merupakan sebuah titipan dari Allah SWT. Ada sebuah hadist yang berbunyi :“Muliakanlah anak-anakmu dan perbaikilah akhlak mereka”(HR Ibnu Majah)

Allah SWT akan menyempurnakan segala nikmat umatnya. Allah berfirman :

“Pada hari ini Aku telah sempurnakan bagi kalian agama kalian, dan Aku telah cukupkan nikmat-Ku atas kalian dan Aku pun telah ridha Islam menjadi agama bagi kalian.” (QS. Al Maa’idah: 3).

Kaitannya dengan membentuk akhlak sang bayi dimasa pertumbuhannya, yakni di saat masa dimasa kehamilan dan setelah masa kelahirannya.

Apakah sudah siap menyambut kehadiran buah hatinya?
Saat kelahiran itu ada pengaruh yang penting untuk menumbuhkan kasih sayang dan cinta di hati antara ibu dan sang anak. Khusus disaat masa setelah sang bayi dilahirkan, ada sebuah sunah yang perlu diperhatikan oleh kedua orangtua sang anak, sunah yang sangat dikuatkan.  Yakni  Aqiqah. Sunah ini sekaligus akan membangun dan membentuk sang bayi menjadi seorang muslim  sesuai harapan bagi kedua orangtuanya.

Aqiqah dan waktu aqiqah, hukum serta aturannya sudah banyak dijelaskan  dalam Al Qur’an.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *