Aqiqah Bayi perempuan menurut hukum islam

Saat terlahirnya seorang anak perempuan yang mungil dan cantik, ini merupakan suatu keberkahan dan kebahagiaan sebagai pemberian rizki dari Allah SWT, Tatkala yang dinanti sudah terlahir selamat dan normal. Maka ada suatu bentuk kesempurnaan yang merupakan sunah tuntunan islam.

Ada sebuah Pertanyaan Berapa ekor domba untuk aqiqah anak perempuan?

Untuk pertanyaan atas aqiqah bayi perempuan  jawaban nya kita merujuk pada sebuah hadist Dari Aisyah dia berkata : Rasulullah bersabda : “Bayi laki-laki diaqiqahi dengan dua kambing yang sama dan bayi perempuan satu kambing.” [HR Ahmad, Tirmidzi, Ibnu Majah]
Atas dasar rujukan hadist tersebut maka menurut hadist ini mnyatakan bahwa untuk anak perempuan
Cukup hanya mnyembelih satu ekor domba atau kambing saja. Karena itu untuk persoalan aqiqah bayi perempuan permasalahnnya bukan terletak pada jumlah tapi sebuah keiklasan atau ketqwaan kita pada Yang Maha Kuasa tentang atyran sunah tersebut.

Innii u’iidzuka bikalimaatillaahit taammati min kulli syaythaanin wa haammatin wamin kulli ‘aynin laammatin

Artinya : Aku berlindung untuk anak ini dengan kalimat Allah Yang Sempurna dari segala gangguan syaitan dan gangguan binatang serta gangguan sorotan mata yang dapat membawa akibat buruk bagi apa yang dilihatnya. (HR. Bukhari)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *