Menu

Aqiqah Bulan Puasa

 

Aqiqah di Bulan Suci Ramadhan merupakan sesuatu yang sangat bagus dilaksanakan, mengingat pada Bulan ramadhan orang yang memberi sadaqah sangat besar pahalanya. Dalam hal ini sadaqah tersebut dalam bentuk memberi makan dengan penuh ikhlash.

Barang siapa memberi buka puasa pada orang yang berpuasa maka baginya semisal pahala mereka tanpa mengurangi sedikit pun dari pahala mereka. (At-Tirmidzi, Ibnu Majah dan Darimi).

Melaksanakan Aqiqah di Bulan Ramadhan, Selain mendapatkan Pahala dari Ibadah Aqiqah itu sendiri juga akan mendapatkan Pahala dari Memberi Makan Orang Yang Berbuka Puasa.

Akikah Di Bulan Ramadhan akan kami siapkan untuk disantap saat berbuka Puasa. Memberi Makan (Menjamu) Orang yang berbuka puasa adalah Ibadah yang sangat dianjurkan. Masakan Aqiqah dapat dikirim ke Alamat yang Anda minta atau ditujukan untuk Tebar Aqiqah.

Allah SWT berfirman:

Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), Maka Allah akan melipatgandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezki) dan kepadaNya-lah kamu dikembalikan. (Al-Baqarah:245)

Rasulullah Saw. bersabda:

Dari Anas berkata: Nabi Muhammad SAW ditanya puasa apakah yang paling utama setelah Ramadhan? beliau bersabda: Puasa Syaban untuk mengagungkan bulan Ramadhan. dikatakan: Shadaqah apakah yang paling utama? beliau bersabda: shadaqah pada bulan Ramadhan (Tirmidzi).

Hadits ini menunjukkan keutamaan sedekah di bulan Ramadhan. Sedangkan yang dimaksud dengan shadaqah pada hadits di atas bisa beragam, shadaqah dalam artian zakat yang merupakan kewajiban setiap muslim yang memiliki harta berlebih dan telah mencapai haul serta nishabnya, atau juga sedekah yang berarti infak dalam bentuk, dan dapat juga diartikan dengan shadaqah sunnah namun bentuknya lebih umum, tidak hanya bersifat materi namun juga perkataan, perbuatan, gerak, dan lain sebagainya. Dan termasuk di dalamnya adalah memberi makan (ifthar) atau sahur kepada orang yang berpuasa. Seperti yang termaktub dalam hadits, bahwa Nabi saw bersabda: Barang siapa memberi buka puasa pada orang yang berpuasa maka baginya semisal pahala mereka tanpa mengurangi sedikit pun dari pahala mereka. At-Tirmidzi, Ibnu Majah dan Darimi.

shadaqah di bulan Ramadhan lebih utama dibandingkan shadaqah di luar Ramadhan, karena Nabi Muhammad SAW menyebutnya dengan bulan muwasah (saling tolong menolong dan peduli). Nabi Muhammad SAW sangat dermawan di bulan Ramadhan, tepatnya ketika malaikat Jibril menemuinya. Rasulullah SAW lebih dermawan terhadap hartanya daripada angin yang berhembus.

   Dari Ubadah bin AshShamit, bahwa Rasulullah bersabda:
“Telah datang kepadamu bulan Ramadhan, bulan keberkahan, AIlah mengunjungimu pada bulan ini dengan menurunkan rahmat, menghapus dosa-dosa dan mengabulkan do’a. Allah melihat berlomba-lombanya kamu pada bulan ini dan membanggakanmu kepada para malaikat-Nya, maka tunjukkanlah kepada Allah hal-hal yang baik dari dirimu. Karena orang yang sengsara ialah yang tidak mendapatkan rahmat Allah di bulan ini. ” (HR.Ath-Thabrani, dan para periwayatnya terpercaya).

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *